MAAF MASIH DALAM PENGEMBANGAN
Home » , » Akreditasi Agroteknologi Optimis “A “

Akreditasi Agroteknologi Optimis “A “

Written By LPM Agrica on Rabu, 20 Juni 2012 | 07.50


Akreditasi masih menjadi momok bagi mahasiswa-mahasiswa Agroteknologi khususnya untuk  angkatan pertama, yaitu 2008. Penelitian sudah dimulai dan detik-detik akhir studi pun semakin dekat. Namun akreditasi Program Studi ini belum jelas kepastiannya. Mahasiswa Agroteknologi yang terombang-ambing dengan ketidakjelasan akreditasi ini. Mereka cemas menunggu kepastian akreditasi terealisasi.

Agroteknologi, adalah gabungan 5 program studi dari Hama Penyakit Tanaman, Hortikultura, Ilmu Tanah, Agronomi dan Pemuliaan Tanaman. Geliat prodi Agroteknologi sudah tahun ke empat berjalan dan belum menghasilkan lulusan. Prodi ini belum terakreditasi sampai saat ini, selama ini prodi Agroteknologi menggunakan akreditasi prodi lama yang mempunyai nilai tertinggi atas jaminan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti).

Akreditasi adalah kegiatan  yang dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan berdasarkan kriteria yang bersifat terbuka. Akreditasi diperbaharui setiap 5 tahun sekali dan diajukan kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Kaprodi Agroteknologi, Dr.Ir. Suwarto., M.S mengatakan terkait akreditasi Agroteknologi, kaprodi menjelaskan dokumen berkas Akreditasi akan dikirim ke Jakarta malam ini (21/10) bersama dengan prodi ITP, Agribisnis dan D3 Agrobisnis.

Kendala yang menyebabkan lamanya proses ini adalah manajemen data yang kurang seperti  banyak data yang berserakan, tata penyusunan serta lama menunggu dosen mengumpulkan berkas-berkas sampai harus ditagih-tagih terlebih dahulu. Padahal, tim akreditasi telah dibentuk sejak tahun 2010 lalu.

Pihak agroteknologi optimis dengan standar akreditasi ini, karena Sumber Daya Manusia (SDM) baik dosen maupun mahasiswa tidak kalah dengan universitas lain. Manajemen keuangan program studi Agroteknologi bisa dikatakan bagus, contohnya adalah Biaya operasional yang meliputi gaji dosen, praktikum, pengabdian masyarakat, penelitian, dan lainnya yang menunjang jalannya proses pendidikan diambil dari uang pembayaran SPP mahasiswa tiap semester telah memenuhi standar , bisa dikatakan manajemen keuangan nya baik.

Berkas ini diharapkan paling lambat minggu kedua bulan November sudah sampai ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi ini dipastikan akan terealisasi akhir 2011, sekitar bulan November atau Desember atau paling lambat awal tahun 2012.

“Saya Optimis nilai A,” hal ini diungkapkan oleh Kaprodi Agroteknologi saat ditemui Agrica dikantornya. Selaras dengan pernyataan Kaprodi, Dr. Ir. Achmad Iqbal. M.si, Dekan Fakultas Pertanian ikut mengamininya. “Akreditasi masih dalam proses, yang diakreditasi pun ribuan. Tapi kita optimis semua berkas yang kita kirim mendapat nilai A,” ungkap dekan (24/10).

Akan tetapi, hambatan muncul dari tingkat kompetitif peminat Program Studi Agroteknologi, yang ditunjukan dengan tidak seimbangnya rasio antara jumlah peminat dengan jumlah mahasiswa yang diterima.

Data akreditasi yang sudah dikirim ke BAN PT kemudian akan disimpulkan akan segera informasikan kepada mahasiswa. “Dukung supaya akreditasi bagus,” tegasnya.

kaprodi berharap Agroteknologi menjadi prodi yang tertata rapi baik mahasiswanya maupun manajemennya dan saling terbuka, jadilah yang terbaik di bidangnya. Dekan optimis dengan hasil akreditasi. “Kita optimis dapat A, yang perlu ditekankan sebenarnya yang dibutuhkan oleh mahasiswa setelah lulus bukanlah akreditasi tetapi softskill dari tiap individu”, ujar dekan.

Ibnu Adam, mahasiswa Agroteknologi 2008, menuturkan mahasiswa angkatan 2008 masih menunggu akreditasi. Tambahnya, Akreditasi sangat penting bagi mereka yang ingin melanjutkan studi, bekerja di instansi dinas maupun perusahaan-perusahaan yang tidak hanya ijazah yang dilampirkan tetapi juga akreditasi (26/10). (Putri Tresna/Putri Cakka)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LPM Agrica - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger